RUANG LINGKUP BIOLOGI

1:36 AM

Karakteristik Biologi Sebagai Ilmu
BIOS = HIDUP
LOGOS = PENGETAHUAN

Biologi adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang mahluk hidup
Jadi Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang paling dekat dengan kehidupan.
Biologi merupakan bidang ilmu yang luas, bagian dari IPA serta berkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain contohnya fisika, kimia. Geografi .
 
download file word : download

Ruang lingkup Biologi

Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa:
1.      Kingdom animalia
2.      Kingdom plantae
3.      Kingdom fungi
4.      Kingdom protista
5.      Kingdom eubacteria
6.      Kingdom archaebacteria

Pembahasan permasalahan biologi meliputi 9 tema dasar yaitu:

1.      Biologi (sains) sebagai proses inkuiri
2.      Sejarah konsep biologi
3.      Evolusi
4.      Keanekaragaman dan keseragaman
5.      Genetika dan kelangsungan hidup
6.      Organisme dan lingkungan
7.      Perilaku
8.      Struktur dan fungsi
9.      Regulasi


Ditinjau tingkat organisasi kehidupan, pembahasan biologi dimulai dari:
1.  Molekul (virus)
2.  Sel (protozoa, bakteri dan tumbuhan uniseluler)
3.  Jaringan (porifera & coelenterata)
4.  Organ (hati, ginjal, dll)
5.  Sistem organ (sistem sirkulasi, sistem transportasi, dll)
6.  Individu (manusia)
7.  Populasi (kumpulan individu yang sama di daerah yang sama)
8.  Komunitas (kumpulan beberapa populasi)
9.  Ekosistem (kumpulan beberapa komunitas dengan lingkungan abiotiknya)
10. Bioma (ekosistem dalam skala yang luas)
11. Biosfer (kumpulan seluruh bioma dipermukaan bumi).

Manfaat Biologi

Ilmu biologi memiliki banyak manfaat, diantaranya:

v  Bidang Pertanian
1.  Penemuan bibit unggul dan pola pemupukkan yang sesuai dapat meningkatkan produksi pertanian
2.  Melalui rekayasa genetika dapat diciptakan jenis tanaman budidaya yang mampu menghasilkan insektisida sendiri (apel, pir, kol,brokoli, kentang), buah-buahan tanpa biji (semangka, pepaya, jeruk, anggur)
3.  Melalui teknik kultur jaringan tanaman unggul dapat dibudidayakan/diperbanyak dalam waktu yang singkat.(kelapa sawit, anggrek, pisang, wortel).
  
v  Bidang Industri Makanan
1.  Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri makanan, sehingga makanan yang dihasilkan bersifat tahan lama, memiliki rasa yang disukai, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Contoh: nata de coco, roti, keju, tempe, tape, kecap, anggur.    

v  Bidang Kedokteran
1.  Ditemukan metode transplantasi (pencangkokan) organ bagi seseorang yang mengalami kerusakan atau disfungsi organ tubuhnya.
2.  Dengan dipelajarinya berbagai macam virus (virologi) membantu manusia untuk menciptakan berbagai macam vaksin dari virus itu sendiri
3.  Penemuan teknik bayi tabung membantu masalah pasutri yang tidak memiliki keturunan
4.  Mikrobiologi kedokteran telah berhasil menemukan berbagai macam antibiotik untuk berbagai macam bakteri penyebab penyakit.

v  Bidang Peternakan
1.  Dengan adanya ilmu anatomi dan fisiologi hewan ditemukan teknik inseminasi (kawin suntik) yang bertujuan untuk mendapatkan hewan ternak dengan kualitas yang baik serta produksi yang meningkat
2. Teknik vertilisasi in vitro . Embrio ternak yang unggul dihasilkan di luar uterus dalam jumlah tertentu, dan disimpan dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair dengan suhu 196oC, kemudian dapat diimplantasikan ke induk betina tidak unggul dari spesies yang sama dengan demikian akan cepat diperoleh banyak ternak unggul.  


Cabang Biologi
Karena ruang lingkup yang luas maka ilmu biologi berkembang membentuk cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yaitu: tingkat organisasi kehidupan, kelompok organisme, aspek kehidupan atau kaitannya dengan ilmu lain (sebagai ilmu campuran, terapan).

Contoh cabang biologi antara lain:

1.      Taksonomi (mempelajari pengelompokan organisme berdasarkan persamaan dan perbedaan)
2.      Virologi (mempelajari virus)
3.      Mikrobiologi (mempelajari mikroorganisme)
4.      Mikologi (mempelajari jamur, ragi dan kapang)
5.      Botani (mempelajari  tumbuhan):
6.      pteridologi (paku),
7.      bryologi (lumut).
8.      Zoologi (hewan):
9.      entomologi (serangga),
10.   iktiologi (ikan),
11.   herpetologi (reptil dan amfibi),
12.   ornitologi (unggas/burung), mamologi (mamalia)

Contoh cabang biologi yang lain :
1.      Sitologi
2.      Histologi
3.      Morfologi
4.      Anatomi
5.      Genetika
6.      Fisiologi
7.      Taksonomi
8.      Ekologi
9.      Evolusi 


Metode Ilmiah

Metode ilmiah adalah langkah-langkah yang dilakukan secara berurutan dan sistematis untuk mendapatkan pengetahuan.

Langkah-Langkah dalam metode ilmiah yaitu:
1.      Observasi/Pengamatan (untuk Menemukan Masalah)
2.      Merumuskan Masalah
Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan yang spesifik.
Contoh : Bagaimanakah pengaruh dosis pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman jagung?  

3.      Kajian Pustaka
4.      Mengajukan Hipotesis
Hipotesis adalah Jawaban sementara dari rumusan masalah. Untuk menjawab jawaban sementara (HIPOTESIS)maka perlu diadakan percobaan/Eksperimen.

5.      Melakukan Percobaan/Eksperimen
6.      Menarik Kesimpulan

Variabel 

Variabel adalah faktor yang mempengaruhi eksperimen yang memiliki ukuran dan dapat diukur.

Macam Variabel:
1.  Bebas/Manipulasi yaitu faktor yang diubah oleh sang peneliti (dosis pupuk)
2.  Terikat/Respon yaitu Faktor yang berubah tergantung perubahan variabel bebas (pertumbuhan tanaman)
3.  Kontrol yaitu faktor yang Sengaja tidak diberi perlakuan untuk pembanding


Macam Hipotesis:
  1. Hipotesis  Nol (H0), yaitu hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel rspon
  2. Hipotesis Alternatif (Ha), yaitu hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel respon
Ha dibedakan menjadi 2 yaitu:
a.  Ha positif, yaitu adanya pengaruh baik dari variabel bebas terhadap variabel respon
b. Ha negatif, yaitu adanya pengaruh buruk/jelek dari variabel bebas terhadap variabel respon      

Perhatikan contoh berikut!

Observasi :
Orang tua laras  memiliki pekarangan yang cukup luas dan oleh ayahnya ditanami dengan tumbuhan mahoni. Laras mengamati tanaman mahoni tersebut tidak tumbuh dengan baik. Laras mengamati ayahnya tidak pernah memberi pupuk pada tanaman tersebut. Laras berpikir pupuk apakah yang tepat untuk tanaman mahoni?

Merumuskan Masalah:
Bagaimanakah pengaruh pupuk terhadap pertumbuhan tanaman mahoni?

Kajian Pustaka:
Laras mencari literatur/buku maupun dari internet tentang pupuk dan tanaman mahoni

Menentukan variabel :
Variabel bebas    :    macam pupuk
Variabel respon   :    pertumbuhan tanaman mahoni
Contoh variabel kontrol : tanah, air, jenis tanaman mahoni, dosis pupuk

Hipotesis:
Ho    :  Tidak ada pengaruh  pupuk terhadap pertumbuhan tanaman mahoni
Ha    :  Ada pengaruh  pupuk terhadap pertumbuhan tanaman mahoni
Ha positif    :  Pupuk mempercepat pertumbuhan tanaman mahoni
Ha negatif   :  Pupuk memperlambat pertumbuhan tanaman mahoni
Eksperimen:
Macam variabelVariabel penelitianSatuanAlat Ukur (Instrumen)
BebasMacam pupuk--
ResponPertumbuhan tanamancmMistar/Penggaris
KontrolTanah Air Dosis pupuk Jenis tanaman-MlGram –-Gelas ukur Neraca–

Sumber : trisniatma.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments